Tersinggung yang Terlambat 9 Abad


Untuk yang memprotes hotel Zodiak



Saya muslim, dan saya menyebut Tuhan dengan nama Allah, bukan Virgo. Nama Allah dalam bahasa Arab yang berarti Tuhan dilafadzkan الله dan terdiri atas  ل, ل ,ا dan ه. Sementara Virgo adalah adalah lambang ke-enam zodiak Yunani, direpresentasikan oleh gadis perawan dan berlogo ♍. 

Kalau pun keduanya mirip jika dibalik, itu adalah kebetulan yang terpaut 14 abad! Zodiak dimulai pada abad ke-7 SM, sementara Islam lahir di jazirah Arab abad ke-7 masehi.

Hotel Zodiak di Bandung pekan ini terpaksa menurunkan lambang Virgo yang dipasang di salah satu cabangnya, setelah diprotes kelompok yang mengatasnamakan Islam. Kelompok itu–lucunya–merasa tersinggung dan mengangap hotel itu menghina agama Islam lewat logo ♍ yang kata mereka seperti lafadz Allah dibalik.

Lucu melihat kelompok ini tersinggung, lebih lucu lagi melihat Walikota Ridwan Kamil yang menggubris ocehan mereka, dan paling lucu adalah media yang meliput semua kebodohan ini!

Untungnya anggota Majelis Ulama Indonesia di Bandung, Mafthuh Kholil, mengetahui kalau Virgo tidak menyinggung Tuhannya. Mungkin dia belajar zodiak dari menonton Saint Seiya seperti saya, atau membaca, atau setidaknya menelusurinya di Google.

"Zodiak, kan, berasal dari peradaban Yunani. Dan peradaban Yunani jauh lebih dulu daripada kemunculan Islam. Dari situ akan, kami kaji siapa yang meniru siapa," kata Mafthuh Kholil seperti ditulis Tempo.

Ayolah kawan, rasa tersinggung kalian terlalu cetek–kalian akan merasa malu ketika mencek Virgo di Wikipedia. Lagi pula, untuk persis dengan lafadz Allah, logo Virgo masih kekurangan sebuah alif di depannya.

Kemudian kalian terlambat sembilan abad. Sebab bukankah logo ♍ dan lafadz الله sudah pernah bertemu ketika kebudayaan Yunani Kuno berjumpa dengan Dunia Islam setidaknya di era Abbasiyah abad ke-12? Adakah yang tersinggung dengan logo ♍ saat itu? Bukankah cendikiawan Dunia Islam saat itu mempelajari Virgo sebagai rasi bintang dan membantu mereka mengembangkan astronomi?

Al Quran menyebutkan, Allah sudah menjadikan kita berbangsa-bangsa–Arab, Yunani, Indonesia, apapun–supaya saling mengenal. Mari berkenalan dengan Virgo si gadis perawan asal Yunani Kuno sebelum sekali lagi turun ke jalan. Atau mau menonton Saint Seiya supaya pelajaran ini lebih menyenangkan?***

Comments

Popular posts from this blog

Penjelasan Mengenai "Tuasikal"

Surat Terbuka untuk Muslimah Bercadar dari Muslim Pembela HAM