#DiversityYouthCamp: Perbedaan Adalah Perayaan!

Dari pada hanya ditoleransi, kita rayakan saja sekalian

Adzan ashar berkumandang saat naskah sumpah pemuda hendak dibacakan. Di Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto, Minggu (28/10) sore itu, 45 orang dengan latar berbeda melakukan upacara sederhana. Perbedaan agama, suku dan orientasi seks, membuat barisan 3 shaf itu beraneka warna.

Saya yang Sunda berbaris di shaf dua. Di depan saya adalah seorang gay, di kirinya ada lesbian, sebelah kirinya lagi adalah lelaki pesantren. Di bagian tengah ada kolaborasi penganut Ahmadiyah, heteroseksual dan perempuan Jawa. Pemimpin pasukan kami adalah transgender.


Tak lama berselang para pembaca teks maju. Mereka adalah gay, transgender dan perempuan Kristen heteroseksual. Mereka baca di depan Nay Wahid selaku pembina upacara. Upacara ini menutup Diversity Youth Camp yang dilakukan sejak Jumat (2/10) siang.

Saya sendiri bergabung sejak Jumat malam. Berkenalan dengan aneka orang. Selama tiga hari, kami mendapat 4 materi soal keanekaragaman agama, orientasi seks juga HAM. Kami berdiskusi, kami presentasi, dan membuat rencana aksi. Satu bekal penting untuk bisa damai SARA di Indonesia.


Namun bagi saya pribadi, interaksi kami jauh lebih berharga. Seperti saat perempuan Jawa mengobrol soal penulisan, juga saat lelaki Madura menyoal kerusuhan. Seperti saat gay bertanya pada lelaki pesantren, juga lesbian yang minta foto bersama biksu.

Bagi lubuk terdalam hati saya, tak ada yang lebih indah dari ini. Yakni saat semuanya berkumpul di aula, cukup sambil lesehan saja, tertawa keras memaklumi ketidakahuan saya yang bodohnya menyebut satu kata Jawa yang ternyata amat kasar. Tawa yang menandai sebuah perayaan bagi perbedaan.

Selamat sumpah pemuda, selamat berbeda! []

- Mojokerto, 28 Oktober 2012




Comments

  1. saya beruntung lahir di keluarga yang plural.
    bagus yo.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dah, beruntunglah kau lahir di keluarga plural :)

      Delete
  2. sampai postingan kedua, aku masih gak ngerti. iki acara opo, bageur? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pelatihan pemuda tentang keragaman. pesertanya lintas agama, suku dan orientasi seks. acaranya pas sumpah pemuda di mojokerto :)

      Delete

Post a Comment

Mari berbagi pemikiran

Popular posts from this blog

Surat Terbuka untuk Muslimah Bercadar dari Muslim Pembela HAM

Penjelasan Mengenai "Tuasikal"