Buku:
Dari Puncak Bagdad

 
"Dari Puncak Bagdad: Sejarah Dunia Versi Islam"
Oleh Tamim Ansary
Penerbit Zaman
589 halaman
Cetakan edisi softcover, pertama, 2012


Kita tentu sudah hapal benar bagaimana sejarah dunia dari sudut pandang Barat. Mulai dari Nil dan Mesopotamia, lewat Yunani dan Romawi, era Pencerahan dan Revolusi Prancis, lalu tumbuhnya negara sekular dan kejayaan demokrasi. Padahal, di belahan dunia lain bernama Dunia Tengah, ada sebuah peradaban besar yang bernama Islam.

Melalui buku ini, Tamim Ansary menceritakan secara gamblang peradaban Islam yang terbentuk. Bagaimana lahirnya Islam dan perkembangannya hingga sekarang. Buku ini dibagi jadi 17 bagian sejak zaman Muhammad, kekhalifahan, zaman keemasan Islam, perang salib, hingga era modern 14 abad setelahnya.

Dalam bab awal saat zaman Muhammad, ia mengambarkan Muhammad dan sahabat tidak secara sakral dan magis, melainkan sebagai manusia inspiratif. Secara bersahabat, Tamim menjelaskan kepiawaian Muhammad sebagai pedagang, politikus dan orang yang karismatik. Ia bahkan menggunakan istilah modern seperti ‘proyek’, ‘program’ dan ‘profesional’ dalam menceritakan perkembangan Maddinah dan umat.

Buku ini menawarkan segudang sudut pandang baru akan agama Islam. Tamin memang menceritakan berbagai capaian yang diwariskan Dunia Islam terhadap Renaisans Eropa. Namun ia pun tak menyembunyikan ilmu pengetahuan yang diserap Islam seperti dari Cina, India, Persia, Yunani, Mesir juga Spanyol.

Pada bagian akhir, ada pemaparan yang lengkap mengenai awal masuknya Barat pada Islam. Bagaimana peradaban Barat mempengaruhi peradaban Islam, serta elaborasi pemikiran barat dan Islam. Hal itu digenapi pula dengan isu mutakhir seperti sekularisme dan terorisme. Akhir buku ini membuat pembaca bisa mudah memetakan peta fenomena Islam saat ini.

Tamim Ansary merangkum poin-poin penting selama alur 1400 tahun dengan gaya bercerita yang khas dan ringan. Dia menggunakan contoh yang sangat sehari-hari, kadang dipelesetkan dari situasi saat ini, sehingga pembaca merasakan langsung situasi sejarah yang dimaksud.

Di buku ini, Tamim memposisikan pembacanya secara objektif. Pemaparan sejarah Islam yang disampaikan tidaklah tendensius dan mendukung salah satu pihak. Ia menceritakan baik itu keberhasilan maupun pertumpahan darah yang terjadi di dunia Islam. Bahkan ia menjelaskan secara detail bagaimana perebutan kekuasaan yang terjadi sejak zaman Ali bin Abi Thalib hingga kudeta yang mengawali Era Abbasiyah.

Sejarah yang dikupas dalam buku ini sangat cocok bagi mereka yang tertarik dengan sejarah, antropologi budaya dan sosiologi secara ilmiah. Kelengkapan cerita buku ini membuatnya kompak bagi peminat sejarah dunia alternatif dan juga peminat studi Islam. Meski memuat bahan yang rumit, pemaparan dalam buku ini membuatnya tetap asyik dibaca sebagai bacaan sehari-hari. []
                                                                                                  
  • Resensi ini pernah dimuat di suplemen Kampus harian Pikiran Rakyat Kamis (23/8).

Comments

Popular posts from this blog

Penjelasan Mengenai "Tuasikal"

Surat Terbuka untuk Muslimah Bercadar dari Muslim Pembela HAM