Belajar KLB
Dari Mana Saja

Belajar komunikasi lintas budaya bisa dari mana saja, termasuk novel dan bahkan PC game. Saya serius. Mereka yang akan disebut di bawah ini memang tidak ilmiah, tapi setidaknya mampu melebarkan wawasan kita mengenai sudut pandang budaya lain. Ini dia mereka:


Satu hal yang perlu dicatat: Meski kita jadi tahu cara pandang sebuah budaya, tetaplah hati-hati terhadap stereotip.


Novel
1.       Geography of Bliss (Geografi Kebahagiaan) oleh Eric Weiner. Novel perjalanan ini bercerita tentang Eric yang keliling 10 negara mencari negara paling bahagia. Novel ini didukung fakta dan pemikiran filsafat. Cocok bagi yang ingin tahu cara pandang negara tentang kebahagiaan. Lihat resensinya di sini.
2.       Supernova 2 : Akar oleh Dewi Lestari. Novel fiksi ini menceritakan perjalanan Bodhi di Asia Tenggara. Pola pikir Bodhi yang kocak mampu membuat kita tersenyum. Cocok bagi yang ingin mengetahui nilai-nilai ajaran Buddha.
 
3.       Enrique’s Journey (Perjalanan Enrique) oleh Sonia Nazario. Novel ini pemenang penghargaan jurnalistik Pulitzer. Bercerita tentang Enrique anak Amerika tengah yang mencari ibunya yang jadi imigran di Amerika. Berbagai konflik dan ketegangan mewarnai perjalanan Enrique menyelundup ke Amerika. Cocok bagi mereka yang ingin tahu masalah imigran di Amerika.



Majalah
1.       National Geographic. Majalah ilmu pengetahuan. Ditulis populer dan mendalam. Cocok bagi mereka yang ingin tahu budaya dan geografi seluruh dunia.
2.       National Geographic Traveler. Majalah perjalanan. Ditulis dengan karangan khas. Cocok bagi mereka yang ingin tahu tempat menarik di seluruh dunia.


Film
1.       ‘?’ (Tanda Tanya) oleh Hanung Bramantyo. Bercerita tentang desa multi-agama. Agamanya Islam, Katholik dan Buddha. Berbagai konflik mewarnai film ini. Cocok bagi mereka yang ingin belajar isu SARA dan pluralisme.
2.       Cin(T)a oleh Sammaria Simanjuntak. Bercerita kisah cinta lintas agama. Diwarnai konflik dan pemikiran. Cocok bagi mereka yang ingin belajar isu SARA dan pluralisme.
 

PC Game
1.       Rise of Nations oleh Microsoft. Permainan adu strategi. Pemain bisa memilih beragam negara. Latar dimulai dari era primitif hingga komputerisasi. Cocok bagi mereka yang ingin mengetahui kronologi perkembangan kehidupan manusia.
 

Comments

Popular posts from this blog

Surat Terbuka untuk Muslimah Bercadar dari Muslim Pembela HAM

Penjelasan Mengenai "Tuasikal"