Belajar KLB
Dari Mana Saja
Belajar
komunikasi lintas budaya bisa dari mana saja, termasuk novel dan bahkan PC game.
Saya serius. Mereka yang akan disebut di bawah ini memang tidak ilmiah, tapi
setidaknya mampu melebarkan wawasan kita mengenai sudut pandang budaya
lain. Ini dia mereka:
Satu
hal yang perlu dicatat: Meski kita jadi tahu cara pandang sebuah budaya,
tetaplah hati-hati terhadap stereotip.
Novel
1.
Geography
of Bliss (Geografi Kebahagiaan) oleh Eric Weiner. Novel perjalanan ini
bercerita tentang Eric yang keliling 10 negara mencari negara paling bahagia. Novel
ini didukung fakta dan pemikiran filsafat. Cocok bagi yang ingin tahu cara
pandang negara tentang kebahagiaan. Lihat resensinya di sini.
2.
Supernova
2 : Akar oleh Dewi Lestari. Novel fiksi ini menceritakan perjalanan Bodhi
di Asia Tenggara. Pola pikir Bodhi yang kocak mampu membuat kita tersenyum.
Cocok bagi yang ingin mengetahui nilai-nilai ajaran Buddha.
3.
Enrique’s
Journey (Perjalanan Enrique) oleh Sonia Nazario. Novel ini pemenang
penghargaan jurnalistik Pulitzer. Bercerita tentang Enrique anak Amerika tengah
yang mencari ibunya yang jadi imigran di Amerika. Berbagai konflik dan
ketegangan mewarnai perjalanan Enrique menyelundup ke Amerika. Cocok bagi
mereka yang ingin tahu masalah imigran di Amerika.
Majalah
1.
National
Geographic. Majalah ilmu pengetahuan. Ditulis populer dan mendalam. Cocok
bagi mereka yang ingin tahu budaya dan geografi seluruh dunia.
2.
National
Geographic Traveler. Majalah perjalanan. Ditulis dengan karangan khas.
Cocok bagi mereka yang ingin tahu tempat menarik di seluruh dunia.
Film
1.
‘?’
(Tanda Tanya) oleh Hanung Bramantyo. Bercerita tentang desa multi-agama.
Agamanya Islam, Katholik dan Buddha. Berbagai konflik mewarnai film ini. Cocok
bagi mereka yang ingin belajar isu SARA dan pluralisme.
2.
Cin(T)a oleh
Sammaria Simanjuntak. Bercerita kisah cinta lintas agama. Diwarnai konflik dan
pemikiran. Cocok bagi mereka yang ingin belajar isu SARA dan pluralisme.
PC Game
1.
Rise of
Nations oleh Microsoft. Permainan adu strategi. Pemain bisa memilih beragam
negara. Latar dimulai dari era primitif hingga komputerisasi. Cocok bagi mereka
yang ingin mengetahui kronologi perkembangan kehidupan manusia.
Comments
Post a Comment
Mari berbagi pemikiran